Monday, January 7, 2013

PENGERTIAN DAN MACAM – MACAM E-MAIL



1.                  E-mail adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa manfaat . Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah. Kita juga bisa membaca berbagai berita dan pengetahuan tapi asalkan kalian harus mampu menguasai Bahasa Inggris. Oleh karena itu, berita itu yang selalu ditampilkan dengan menggunakan Bahasa Inggris.  Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo, plasa, hotmail, Gmail. .Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com.


 Langkah-lagkahnya sebagai berikut :
a.       Kita buka program intertnet explorer
b.      Kita tulis www.yahoo.com di URL dari internet
c.       Untuk membuat email baru secara gratis kita klik “Sign Up”
d.      Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap
e.       Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita
f.       Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email
g.      Beri tanda centang pada pernyataan ” I Agree”
h.      Klik “Submit”
i.        Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahoo. Melalui langkah-langkah di atas kita sudah dapat memiliki sebuah email secara gratis dan mudah.
Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara:
a)      Buka email kita
b)      Klik compose atau tulis
c)      Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose terdapat “CC” yang berarti alamat tambahan
d)      Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file
e)      Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan
f)       Klik attach file
g)      Klik continue message
h)      Klik Send beberapa email yang terkumpul dalam suatu group disebut mailing list.
2.                  POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita.
     Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu persatu e-mail yang diterima. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembali komputer ke internet dan kemudian mengirimkan balasan e-mail yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.
     Untuk mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan mengirimkan balasannya, kita harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Ountlook Express di komputer yang digunakan. Agar program itu dapat digunakan, kita harus melakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu.
     Kekurangan dari POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika kita menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya berdasarkan besar file yang didownload, bukan berdasarkan lama koneksi, biaya yang dikeluarkan akan sama saja.
3.                  Email forwarding umum mengacu pada pengoperasian kembali mengirim pesan email dikirim ke satu alamat email ke alamat email yang mungkin berbeda. Forwarding Istilah tidak memiliki arti teknis tertentu.  Pengguna dan administrator sistem email menggunakan istilah yang sama ketika berbicara dari kedua forwarding berbasis server dan client-based.
Email forwarding juga dapat mengarahkan email akan satu alamat dan mengirimkannya ke satu atau beberapa alamat. Begitu juga sebaliknya, barang-barang email akan alamat yang berbeda dapat menyatu melalui forwarding berakhir di satu alamat dalam kotak

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes